Senin, 21 Maret 2011

PETANI JAMUR MERANG KULONPROGO BANGKIT

Bisnis Hari Ini / Ekonomi - / Rabu, 16 Februari 2011 15:53 WIB

Metrotvnews.com, Kulonprogo: Jamur Merang atau Agracius Volvaceus merupakan species jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara. Karena kandungan protein jamur merang ini cukup tinggi dan kadar lemak sangat rendah, sehingga jamur merang banyak diburu konsumen.

Alasan inilah yang membuat  sejumlah warga Desa Tuksono, Sentolo Kulonprogo, bertekad untuk membangkitkan kembali kejayaan jamur Merang Sentolo.

Heru Yuwono, Ketua Kelompok Tani Jamur Merang mengaku setelah lewat proses panjang, petani berhasil menuai panen awal tahun ini.

Bahkan tingginya pesanan membuat stok jamur cepat menipis. Kelompok petani jamur menghasilkan 300 hingga 500 kilogram jamur Merang basah, dengan harga hingga Rp25 ribu rupiah perkilogram. Bahkan jamur Merang yang sudah kering dan masak dalam kemasan bisa mencapai Rp30 ribu per kilogramnya.

Seorang pelaku budidaya mengaku hanya mampu memenuhi pemintaan pasar domestik. Pasalnya permintaan ekspor banyak diisi produk china yang lebih murah.

Umumnya pesanan jamur Merang merupakan perseorangan atau restoran terutama yang berada di Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga Jakarta.

Sebelumnya Sentra Budidaya Jamur Sentolo kerap memenuhi pesanan ekspor, seperti Amerika, Kanada, Australia dan sedikit Eropa. (RIE)



Sumber  :  http://metrotvnews.com/metromain/newsvideo/2011/02/16/122601/Petani-Jamur-Merang-Kulonprogo-Bangkit

0 komentar:


Posting Komentar